cara membaca berita

Cara membaca berita

Pastinya banyak dari kita nggak tahu cara membaca berita yang baik dan benar, tenang aja, anda semua bisa mengikuti langkah-langkah dibawah untuk membaca berita yang baik. Tips-tips membaca berita yang baik sebagai berikut:
  1. Intonasi yang datar dan tidak memperdengarkan turun naiknya suara secara tepat akan membosankan pendengar. Artikulasi atau pengucapan huruf, kata, hingga kalimat harus jelas. Artikulasi harus berpedoman pada ejaan yang disempurnakan.
  2. Volum atau keras lembutnya suara harus jelas dan mantap. Mengucapkan keras lemahnya volume suara sangat berhubungan dengan:
    • Besar ruangan,
    • Letak ruangan,
    • Keadaan ruangan(terbuka atau tertutup), dan
    • Banyaknya pendengar. Jika berada diruangan besar, terbuka, kamu harus membaca berita dengan keras. Sebaliknya, jika berada diruangan kecil dan  tertutup kamu tidak perlu terlalu keras berbicara. Selain itu, pengeras suara juga akan membantumu bersuara dengan keras.
  3. Tekanan kata-kata harus tepat. Janganlah kata-kata bahasa Indonesia diberi tekanan seperti kata-kata bahasa Inggris, belanda, arab dan sebagainya. 

0 Response to "cara membaca berita"

Post a Comment